Selasa, 14 Februari 2012

KL - Singapore - KL

Mungkin ini udah lama untuk dipublish sekarang, ya karena udah sebulan lebih aku kesananya.
Hemm...Banyak yang bisa kuceritakan tentang perjalanan KL - Singapore - KL bersama keluargaku.
Alhamdulillah ini jadi kali pertamanya aku ke luar negeri. Yap, dari keluargaku cuma aku dan adikku - Faiz yang belum pernah ke luar negeri. Mama udah pernah ke Singapore n Malaysia sama teman - teman kerjanya, terus Papa kayak menjelajah Asia, papa ke Thailand, Phnom Penh, Malaysia, n Cambodia sama teman - teman S2 nya, dan kakakku - insi udah pernah ke Malaysia pas study tour dari kampusnya.
Hmmmp. Tanggal 4 januari 2012 lah kami berangkat dari Medan tercinta ke Malaysia - KL, perjalanan kami cuma enam hari aja untuk itinerary ke KL lanjut ke Singapore n balik ke KL again.
Waktu yang sangat singkat tapi bermakna. asek.
Sebenarnya pada saat pergi ke luar negri itu kami masih dalam masa kuliah(aku dan kakakku), tapi ya cemana lagi, tiketnya uda dipesan dari bulan April 2011 karena Air Asia lagi ada promo.
Makasih juga buat Air Asia yang ngasih tiket perorang dengan harga Rp. 65.000, ya emang beda lagi sama harga-harga airport tax dan lain-lainnya.
Kalau aja harganya gak segitu, yaaa gak akan ada perjalanan yang menyenangkan bersama keluargaku selama 6 hari. Thx God :)
Untuk menceritakan perjalanan 6 hari,  butuh halaman yang panjang sih sebenarnya, karena kami gak ngenal capek, dan sedikit istirahat, seperti pagi-pagi jam 5 waktu Malaysia udah pergi ke KL sentral untuk naik bus ke Genting dan besoknya pagi-pagi juga pergi ke LCCT untuk naik pesawat ke Singapore.
Tapi akan saya usahakan untuk meringkasnya semua. :)

Well,
Ini dia cerita perjalanan kami...
Hari pertama..
Di Malaysia jadwal kami pertama naruk barang - barang ke hotel, hotel kami di Chow Kit, emang rada jauh dari KL sentral ke chow kit, tapi gimana lagi, dari medan kami uda nanya-nanya hotel yang disekitar Bukit Bintang udah full semua. Nama hotelnya Brisdale hotel search disini kalo mau liat gimana hotel di Chow Kit :).
Perjalanan kami pertama naik bus dari LCCT - bandara Air Asia ke KL sentral, Kl sentral itu tempat segala tempat lah pokoknya, disitu pusat transportasi, jadi disana kita bisa naik LRT, MRT, Train, n Bus, disana juga tempat pembelian tiket dan ada juga tempat perbelanjaan dan restaurant.
Jadi setelah sampai di KL sentral kami menyempatkan makan siang di lantai 3 kalau gak salah, tempat makannya seperti food court makanan rumahan, dan ada juga yang menjual junk food.
Setelah itu kami menyempatkan membeli tiket bus ke Genting HighLand untuk besok dan membeli tiket kereta api untuk pulang dari Singapore, yap kami ke Singapore naik pesawat yang uda dibook pastinya dan pulang menggunakan kereta api, *untuk menghemat juga. Jadi bagi yang jalan-jalan juga dari KL - Singapore dan balik lagi ke KL khususnya yang mau naik kereta api dari Singapore ke KL beli tiketnya di KL sentral aja, bisa kok, lagian kalau beli di Singapore kan udah jadi dollar, jadi harga pasti banting kali.
Lanjut,Setelah membeli tiket kami menuju stasiun monorail yang jaraknya ya tidak terlalu jauh,kami naik monorail ke Bukit Bintang terlebih dahulu, untuk memesan hotel di Bukit bintang setelah pulang dari Singapore.
Foto disekitar Bukit Bintang
Disekitar Bukit Bintang dekat KFC

Setelah hotel dibook, kami langsung ke Chow kit untuk menaruk barang -barang yang masing-masing bawa koper. haha. Keadaan di Chow Kit kurang mengesankan dikarenakan jauh dari pusat kotanya, jadi bagi yang mau kesana nginap di hotel daerah Bukit Bintang aja, karena tempatnya strategis dan pusat perbelanjaan, tetapi pemandangan masih tetap bagus kok dari jendela kamar, terlihat menara petronas dengan lampu yang terang disaat malam hari.
Sampai Hotel kami beristirahat dan sempat keluar juga malamnya untuk ngisi perut. Di Malaysia gak usah takut gak ada makanan, karena banyak KFC disana, kalau gak suka KFC banyak juga kok restaurant india-india gitu, tapi kalau aku sukanya makan KFC ajalah, rada kurang suka soalnya sama makanan india. Oia mengenai makanan, ini wajib di perhitungkan buat kita yang anak Medan ataupun yang suka sama pedas, di Malaysia, aku jarang nemuin sambal yang bener-bener pas sama orang kita, di KFC sana juga sambalnya gak mirip sama di Indonesia, disana rasa manis dominan, jadi kalau yang gak suka pedas ya pasti mereka senang.

Hari Kedua..
Pagi-Pagi kami udah bangun untuk bersiap-siap pergi ke Genting HighLand, tempatnya dingin n sangat bagus, seperti Dufan tapi ya pastinya lebih besar lagi,disana ada juga mall nya dan tempat-tempat lainnya. Kami satu keluarga sempat masuk ke rumah hantu yang sangat menyeramkan, dan masuk ke museum Ripley's Belive it or Not ,keren-keren lah pokoknya :) http://www.rwgenting.com/en/themepark/signature_attractions/ripley/default.htm


Dari Chow Kit kami naik monorail lagi ke KL sentral untuk menunggu bus yang uda kami pesan tiketnya semalam. Sesampainya disana terserah deh, mau ngapain, makan, foto-foto, masuk ke arena bermainnya, atau ke mall nya. Selengkapnya tentang Genting HighLand http://www.rwgenting.com/en/getting_there/express_bus.htm http://id.wikipedia.org/wiki/Genting_Highlands
Sekitar jam 2 atau setengah 3 sore kami keluar menuju bus untuk pulang dan lanjut ke Central Market (Pasar Seni).
Pasar seni ini aku dapat informasi dari searching juga, banyak yang bilang disana barang-barangnya lebih murah, dan benar, aku banyak juga belanja disini untuk oleh-oleh buat teman-teman ku.
Selebihnya tentang pasar seni : http://malaysia.panduanwisata.com/2009/08/10/pasar-seni-kuala-lumpur/
dan website resminya : http://www.centralmarket.com.my/index.php
me and my sister

Selesai belanja-belanja disana, kami balik ke hotel untuk ngepack" untuk besok lanjut ke Singapore.

Hari Ketiga..
Pagi-pagi kami kembali bangun untuk siap-siap pergi ke LCCT, untuk kesana kami gak naik monorail, tetapi kami naik taxi karena monorail belum buka untuk jam 5 waktu malaysia. Kami naik taxi cuma sampai ke KL sentral saja, karena kami ke LCCT naik bus dari KL sentral (untuk penghematan).
Dan...
Singapore !
Kami akhirnya sampai ke Changi Airport - Singapore, setelah menempuh perjalanan 45 menit naik pesawat dari LCCT - Malaysia.
Sampai disana kami duduk sebentar untuk mengisi data-data yang diperlukan, karena harus ada data spesifikasi lainnya selain pasport.
Keluar dari Changi Airport kami masih bingung menggunakan transportasi ke Orchard Road, mungkin memang perjalanan kami belum matang persiapannya, jadi ya nanya-nanya juga sama orang yang disana, setelah dapat informasi kami pun naik bus dari Changi Airport ke Orchard Road, Sebenarnya naik bus ini merupakan hal yang gak mungkin terlupakan oleh kami, kami sempat ditegur oleh supir bus nya karena kami tidak memiliki uang pas untuk membayar transportnya, ini dikarenakan pembayaran dilakukan dengan mesin, jadi ya harus pas, atau bisa juga lebih tetapi kita tidak akan mendapat kembalian. Warga Singapore tidak menggunakan uang dollarnya untuk itu tetapi mereka memiliki card tertentu yang hanya disensor saja sudah bisa, hmmp ya seperti kartu isi ulang mungkin. Untunglah ada seorang ibu yang memiliki tukaran uang pecah.
Sesampainya di Orchard Road kami mencari apartement Lucky Plaza, dari medan mama udah sempat booking, tetapi belum bayar, kata yang si punya apartement, setelah di Singapore hubungi dia lagi, tapi..
entah apa yang terjadi atau Allah gak ngasih kami menginap disitu atau enggak, kami gak bisa menghubungi dia dan akhirnya kami mencari hotel di sekitar Lucky Plaza, capek ah nyarinya, gadapet dapet, ada sih yang kamar keluarga, tapi apa, gila mahal amat, 5juta untuk satu malam, ya emang hotel" disana mewah semua. Wow, emang salah kami gak ngebook dari jauh-jauh hari, lanjut jalan dan terus mencari, sampai papa juga gak shalat jumat karna belum dapat hotel juga. Ada juga Ibu dan anaknya (mungkin dari jawa) yang sedang nungguin ayahnya yang shalat jumat di mushalla depan hotel yang kami tanyain tadi menawarkan untuk menginap di hotel yang mereka tinggali, daerah mana ya, lupa, tapi emang jauh dari Orchard Road. Sempat sih kami mau kesana tapi setelah dilihat di peta lagi, masih ada 4 hotel lagi yang emang harus jalan rada jauh dari tempat saat itu kami berada, yaa mau gimana lagi kami pun mencoba untuk jalan tanpa kata menyerah, haha. Emang butuh perjuangan kali perjalanan ini.
Dan, akhirnya kami menemukan hotel yang ada kamar keluarganya dan letaknya juga di dekat jalan besar, nama hotelnya  Supreme, ya emang gak begitu mewah seperti yang tadi tapi ya lumayan lah, nginap disini semalam kena 2juta. Selengkapnya tentang hotel Supreme : http://www.supremeh.com.sg/
Sampai hotel kami istirahat sampai sekitar jam 3, lalu kami bersiap untuk lanjut perjalanan ke Sentosa untuk nonton Songs of The Sea yang mulai sekitar jam setengah delapan malam waktu Singapore. Yap emang Singapore udah negara maju, bagus-bagus pemandangannya disetiap sudut mata memandang. Kesana kami naik MRT yang stasiun terdekat dari kami di Dhoby Ghaut, untuk membeli tiket tidak seperti di Malaysia yang masih sistem manual, tetapi disini kita membeli tiket sendiri menggunakan mesin, canggih kan, bagaimana lagi negara-negara lain yang lebih maju, gak kebayang.
Beli tiket MRT

Didalam MRT - Singapore - Bawah tanah
Diatas Plaza tempat MRT
 
Keadaan malam

Setelah siap nontonnya kami pun langsung pulang untuk makan malam di hotel. Sulit memang bagi kita yang islam untuk mendapatkan makanan yang halal di Singapore, KFC gak ada, walaupun ada aku cuma ngeliat KFC ada di tempat Stasiun Kereta Api yang jaraknya jauh dari pusat kota Singapore, ya paling tempat makan halal masih bisa dihitung jari disana. Untuk makan malam papa dan faiz yang rela mencari makanan sedangkan kami beristirahat di hotel.


Hari keempat..
Hari dimana kami masih bisa beristirahat agak lama, jadwal hari ini kami ke Marina Bay untuk foto-foto di maskot Singapore - Marlion dan lanjut ke Mustafa tempat belanja oleh-oleh khas singapore.



Jadwal belanja pun harus dipersingkat karena malam ini kami ke Stasiun Kereta Api untuk balik ke Malaysia. Setelah itu kami kembali ke hotel untuk mengambil barang-barang dan langsung menuju stasiun kereta api naik taxi, yap karna kami berlima pastinya ya gak boleh naik dalam satu taxi, ya jadi make 2 taxi deh. Naik kereta api dari Singapore ke Malaysia menempuh perjalanan 8 jam, jadi bisa numpang tidur juga, hehe. Menurutku naik kereta api lebih enak dari pada naik bus, ya karena jalannya yang gak belok-belok dan sepi, oia, ada juga kereta api yang menawarkan tempat tidur, tapi menurut berbagai pengalaman yang aku baca diinternet lebih enak yang posisi duduk, pertama lebih murah, kedua kebersihan tempat tidur yang gak terjamin, dan yang ketiga bisa kita bayangkan, masak kita tidur terus sih, gak bisa duduk, lagian emang susah tiduran gitu, mikir-mikir lagi deh yang mau naik kereta api yang tempat tidur.

Hari Kelima..
Sampai deh di Malaysia lagi, dan lagi-lagi sampai di KL sentral. Badan terasa pegel-pegel karna emang kursinya gak empuk, kami duduk sebentar untuk istirahat lalu sholat subuh di mushallanya. Disana juga ada tempat pijet" gitu, kursi pijat lebih tepatnya, secara otomatis akan bekerja bila kita masukin uang sebesar RM.1 (Uang Kertas), cuma satu ringgit bisa pijet", langsung deh kami nyobain semua, haha, maklum, kaki badan terasa pegel kali agh. Setelah kami balik segar kami lanjut ke hotel di Bukit Bintang, nama hotelnya Iris,  http://www.agoda.web.id/asia/malaysia/kuala_lumpur/iris_garden_hotel.html
Dihotel kami bisa langsung masuk walau belum jam 12, Alhamdulillah bisa santai-santai dan bersih-bersih.
Sekarang udah tenang, setelah istirahat aku dan kakakku ke Sunge Wang untuk berbelanja, sedangkan papa mama dan faiz istirahat di hotel, haha, maklum, bawaannya pingin belanja terus.
Sekitar jam 3 sore kami ngumpul lagi untuk lanjut jalan-jalan ke menara Petronas - Twin Tower. Dengan mengandalkan peta kami menulusuri jalan naik monorail dan berjalan kaki kesana, saat turun dari monorail dan lanjut berjalan kami melewati toko coklat Coco Butik dan singgah untuk lihat-lihat dan membeli, selesai itu lanjut ke Twin Tower untuk foto-foto dan belanja againn... :D
Kami menghabiskan waktu sampai malam, karena ingin melihat keadaan malam disana. setelah itu kami pulang ke hotel naik taxi karna udah kecapekan.


Hari Keenam.. (last day)
Jadwal hari terakir di Malaysia adalah keliling" naik taxi ke tempat" yang bagus, seperti Batu Caves, Pabrik kopi, teh, dan coklat (Beryl's chocolate).


Keliling" naik taxi ini mengingatkan kepada supir taxi yang lumayan ramah dan penggila 5 ringgit, hahai, kenapa gitu, karna dia bilang, kalau turis diantar oleh taxi ke suatu tempat, supir taxi akan diberikan 5 ringgit, ya ada juga yg 10 ringgit, bahkan 20 ringgit, jadi ya kami juga sekalian jalan-jalan.
Setelah semuanya selesai kami balik ke sekitar hotel untuk makan siang, setelah makan siang kami balik ke hotel untuk siap-siap ke KL sentral untuk naik bus ke LCCT dan go home ke Medan.

Sampailah kami di bandara polonia sekitar jam 23.30, sampai rumah sekitar jam setengah satu pagi, dan tidur untuk besok lanjut kuliah yang udah libur sendiri dari tanggal 4 Januari 2012. :D

1 komentar:

dwiyoheru waskito mengatakan...

Semoga cepat selesai kuliahnya

Poskan Komentar